SISTEM
SETENGAH GELOMBANG
Kali ini saya akan post perkembangan sistem
pengisian pada sepeda motor honda. gambar disamping menunjukkan rangkaian dasar
dari rectifier setengah gelombang. Pada rangkaian ini, rectifier
mengalirkan arus hanya saat bagian A dari sumber arus AC (+) sehingga arus mengalir
ke resistor. Saat A (-), arus tidak lagi
mengalir. Konsekuensinya bentuk gelombang menjadi arus
terputus-putus. Type penyearahan seperti ini dipakai motor generasi dulu
GL,CG.Super Cub. dll.
Kelemahan type ini, seandainya motor di Rpm rendah ( langsam ) accu gampang
tekor begitu sebaliknya apabila motor di Rpm tinggi ( ngebut ) accu over charge..
SISTEM GELOMBANG PENUH
Rektifikasi gelombang penuh merupakan jenis
retifikasi yang didesain dengan menggunakan setengah gelombang tegangan
AC lain. Pada metode ini, empat buah dioda digunakan pada rangkaian seperti
pada gambar diatas. Hasil dari rangkaian ini adalah arus yang mengalir dua
kali lebih banyak dibandingkan hal wave(1/2 grlombang) rectification,
rektifikasi konstan dan kecilnya fluktuasi bentuk gelombang. Jika
titik A merupakan arus positif + dan titik B negatif, maka arus akan
diteruskan ke dioda no 1, kemudian resistor / beban, kemudian ke dioda no
4 dan ke titik B. Jika titik B merupakan arus positif + dan titik A
negatif, maka arus akan diteruskan ke dioda no 2, kemudian resistor /
beban, kemudian ke dioda no 3 dan ke titik A
Penyearahan type seperti ini juga ada
kelemahannya. disepeda motor yang menggunakan type pengisian ini tidak bisa
memasang Accessories tambahan yang
berhubungan dengan accu, mengingat pengisian system ini baik diposisi Rpm
rendah ataupun Rpm tinggi peningkatanya sedikit hal ini adanya faktor pembatas.
Apabila accu sudah penuh dengan sendirinya kelebihannya akan dibuang ke massa.
Penyearahan
type seperti ini dipakai motor generasi Astrea star sampai Supra series dan Gl series
THREE PHASE FULL WAVE
Pada metode
ini enam buah dioda digunakan pada rangkaian ini . Rangkaian ini juga
memungkinkan untuk menghasilkan arus DC yang lebih baik. Coba kita perhatikan gambar di atas : kita
perhatikan titik 1 dan titik 2 saja. Jika titik 1 positif dan titik 2
negatif, maka arus akan mengalir dari titik 1 ke 1’, kemudian ke dioda d,
lalu ke titik B, resistor R, titik E, dioda c, titik 3’ lalu ke titik
2 Sebaliknaya Jika titik 2 positif dan titik 1 negatif, maka arus akan
mengalir dari titik 2 ke 3’, kemudian ke dioda e, lalu ke titik B,
resistor R, titik E, dioda a, titik 1’ lalu ke titik 1 Dengan cara yang
sama, tegangan AC antara terminal 2 dan 3, dan antara 3 dan 1 akan mengalami
rectifikasi gelombang penuh. Type penyearahan ini jauh lebih sempurna
dibandingkan dengan generasi sebelumnya, penyearah ini sekarang
banyak digunakan pada sepeda motor: Tiger series dan Megapro dan motor
generasi sekarang yang menerapkan Light on.
Hanya ini yang bisa saya share Semoga bermanfaat.
0 Komentar untuk "Pengisian Accu Pada Sepeda Motor Honda"