MENGENAL TEGNOLOGI IDLING STOP SYSTEM (ISS) PADA SEPEDA MOTOR BERIKUT DENGAN KENDALANYA.

Tegnologi Otomotif Idling Stop System (ISS) adalah sebuah sistem yang bekerja untuk mematikan mesin secara otomatis pada saat berhenti sejenak atau berhenti di lampu merah. Dengan Tegnologi ISS ini dapat mengurangi konsumsi pemakaian bahan bakar yang tidak perlu dan menurunkan emisi gas buang. Selain itu, kinerja mesin lebih efisien, hemat bahan bakar, dan tentunya ramah lingkungan
Cara Kerja Tegnologi  ISS Pada Sepede Motor 
Pastikan posisi tombol Idling Stop sudah anda tekan dan lampu indikator pada speedometer sudah menyala. Dan setelah motor dijalankan maka sensor akan memberitahu ECM (Engine Control Module) untuk mengaktifkan Idling Stop. Apabila motor berhenti minimal 3 detik maka ECM akan perintahkan mesin untuk berhenti. Dan saat mesin mati, lampu indikator akan berkedip yang bertanda bahwa Idling Stop sedang aktif dan sedang digunakan.
Saat handle gas (throttle) kita buka maka Throttle Position Sensor (TP Sensor) akan memberi signal ke ECM untuk memberitahu altenator untuk menghidupkan mesin tanpa perlu menekan tombol starter maka mesin akan otomatis menyala. Kejadian ini akan terus menerus berlangsung selama tombol Idling Stop diaktifkan. Tetapi jika tombol Idling Stop tidak diaktifkan maka Idling Stop tidak bekerja.
Komponen Tegnologi ISS Pada Sepeda Motor
Idling Stop Switch, berfungsi untuk mengaktifkan dan menonaktifkan fungsi ISS
Stand by indicator, berfungsi memberikan informasi kerja ISS
Engine Coolant Temperature Sensor (ECT Sensor), berfungsi untuk mendeteksi suhu mesin
Vehicle Speed Sensor (VS Sensor), berfungsi untuk mendeteksi kecepatan kendaraan
Throttle Position Sensor (TP Sensor), berfungsi untuk mendeteksi sudut pembukaan katup gas
Engine Control Module (ECM), berfungsi untuk mematikan dan menghidupkan mesin
ACG Starter, berfungsi untuk memutarkan mesin

Cara Mengaktifkan Tegnologi ISS Pada Sepeda Motor
Untuk mengaktifkannya, Anda tinggal mengubah posisi button switch ke kondisi Idling Stop (klik ke bawah). Maka, lampu hijau yang terdapat pada speedometer akan menyala secara otomatis, itu tanda bahwa sistem ISS sudah dapat dilakukan. Ketika motor Anda berhenti selama 3 detik dan sistem ISS berfungsi, maka lampu hijau tersebut akan berkedip, sebelum nantinya akan menyala sempurna kembali ketika Anda mulai menarik tuas gas.
Bila ISS tidak bias berfungsi dengan baik, maka cek 7 hal dibawah ini:
Berikut 7 hal agar Idling Stop Sistem motor Honda anda berfungsi dengan baik :
1. Pastikan Anda Melakukan Starter Motor Dengan Menggunakan Elektrik Starter.
Untuk starter motor, pilihan terbaik yaitu dengan menggunakan elektrik starter karena dapat dipastikan ISS motor anda dapat digunakan. Fungsi ISS tidak akan berfungsi apabila anda melakukan starter dengan kick starter.

2. Pastikan Tombol Switch ISS Dalam Posisi “Idling Stop”.
Saklar sistem ini terdapat pada bagian kanan dari stang kemudi. Untuk mengaktifkannya, Anda tinggal mengubah posisi button switch ke kondisi Idling Stop (klik ke bawah). Setelah itu maka lampu hijau yang terdapat pada speedometer akan menyala secara otomatis, itu tanda bahwa sistem ISS sudah dapat bekerja.

3. Pastikan Motor Telah Mencapai Kecepatan Melebihi 10 km/jam.
Idling stop sistem akan beroperasi saat kecepatan kendaraan lebih dari 10 km/jam yang terdeteksi oleh Vehicle Speed Sensor. Sensor ini akan mendeteksi putaran gigi dan saat sensor ini mendeteksi adanya perputaran roda gigi, maka sinyal akan dikirim ke speedometer dan ECM, yang mengendalikan idling stop sistem.
4. Pastikan Putaran Mesin Standar Mencapai 1.600 +/- 100 rpm.
Putaran mesin standar ini dipengaruhi oleh pencapaian kecepatan yang melebihi 10 km/jam dan masih sama terdeteksi oleh Vehicle Speed Sensor.
5. Pastikan Temperatur Mesin melebihi 60°C.
Untuk motor Honda sudah dibekali oleh teknologi Engine Coolant Temperature (ECT) Sensor yang secara otomatis dapat mengetahui temperatur mesin. Ketika temperatur mesin sudah melampaui 60 derajat Celcius, idling stop sistem baru akan mulai beroperasi.
6. Pastikan Throttle atau Handle gas dalam posisi tertutup.
Sistem ISS akan beroperasi dengan memastikan handle gas dalam posisi tertutup. Kejadian ini biasa terjadi pada saat berhenti pada lampu merah atau dalam kondisi jalanan macet.
7. Motor dalam kondisi berhenti setidaknya 3 detik.
Rentan waktu yang diperlukan untuk mengetahui ISS beroperasi yaitu 3 detik setelah berhenti. Vehicle Speed Sensor dan Throttle Position Sensor akan otomatis mendeteksi  rentan waktu tersebut. Lampu indikator pada panel speedometer akan berkedip yang memastikan sistem ISS anda berfungsi.
Itulah 7 hal yang harus anda pastikan agar sistem ISS anda berfungsi dengan baik. Demikianlah artikel Info Otomotif tentang Teknologi Idling Stop System (ISS) berikut dengan kendalanya,pada Sepeda Motor kali ini. Semoga bermanfaat 
0 Komentar untuk "MENGENAL TEGNOLOGI IDLING STOP SYSTEM (ISS) PADA SEPEDA MOTOR BERIKUT DENGAN KENDALANYA."

Back To Top