Buat para pengguna Honda Vario Techno 125, kali
ini ada kabar gembira untuk kamu. Honda Vario Techno 125 kendaraan kesayangan
kamu tersebut ternyata bisa memiliki tenaga yang lebih mantap dan maksimal
meskipun tidak terlalu banyak perubahan pada bagian mesin, caranya yaitu dengan
memaksimalkan settingan pada bagian CVT, berikut informasi lengkapnya.
Ubahan yang dikerjakan juga simpel, hanya
melakukan subtitusi part CVT tanpa harus main bubut sana-sini. Hasilnya juga
cukup lumayan, motor lebih enak di putaran atas dan bawah setelah melakukan
substitusi.
Langkah awal yang
dilakukan, yakni mengganti satu set roller Vario dengan milik Suzuki Skywave.
Dengan ubahan ini, berarti berat roller menjadi lebih ringan. Karena roller
standar Vario Techno 125 berbobot 18 gram. Sedangkan milik Suzuki Skywave,
hanya berbobot 15 gram. Soal ukuran, sama. Tinggal plug and play.
Pake roller orisinil
punya Skywave yang memiliki bobot lebih enteng. Pilih yang orisinil, karena
beratnya pasti lebih presisi dibanding roller aftermarket, Daya tahannya juga
lebih bagus. Penggantian roller dengan bobot lebih ringan ini, bikin tarikan
bawah Vario Techno 125 PGM-FI lebih enteng, akselerasi bisa lebih cepet. Ini
bisa terjadi karena roller dengan bobot yang lebih ringan bisa mendorong pully
lebih cepat.
Setelah membuat
akselerasi mantap, langkah selanjutnya mengakali agar putaran atas tidak
terlalu loyo. Penggatian per CVT, jadi rujukan. Untuk bagian ini sebaiknya kamu
tetap menggunakan Part subtitusi pabrikan karena daya tahannya yang lebih baik.
Salah satu pilihan yang tepat adalah dengan mengganti per CVT milik Honda PCX. Pasalnya,
part yang dibanderol dengan harga Rp 34 ribu di dealer resmi Honda ini,
memiliki ukuran yang lebih panjang dibandingkan per standar milik Vario.
Selain lebih panjang, per CVT PCX juga lebih kaku.
Meski demikian, masalah pemasangan jangan dipusingkan.
Karena per CVT PCX bisa langsung dipasang di CVT Vario tanpa harus ubah apapun.
Yang jelas, part asli umumnya memiliki daya tahan dan kinerja yang lebih bagus
dibanding part aftermarket. Karena part sudah didesain dan dibuat sesuai dengan
kebutuhan berkendara kita sehari-hari.
Lewat penggunaan CVT
PCX yang lebih panjang dan lebih kaku ini, bikin putaran atas Vario 125 PGM-FI
lebih maksimal. Jadi, seimbang. Motor enak buat diajak stop n go karena
akselerasi mantap, tetapi juga tarikan panjang di trek lurus.
Semoga informasi ini
bermanfaat. Dan selamat mencoba.
0 Komentar untuk "Bikin Honda Vario Techno 125. Lebih Ngacir"