Negara
Indonesia merupakan salah satu Negara yang masyarakatnya pengguna sepeda motor
paling banyak didunia. Bisa dilihat di mana saja, di sudut Indonesia baik
didaerah apalagi di wilayah perkotaan, banyak sekali sepeda motor yang berlalu
lalang. Meskipun sepeda motor menimbulkan banyak sekali kerugian tetapi
kenyataannya hal ini di acuhkan oleh masyarakat. Masyarakat lebih mementingkan
keperluan pribadi daripada dampak dari apa yang diperbuatnya. Kerugian
yang diakibatnya sepeda motor antara lain suaranya nya yang bisisng, emisi dari
kenalpot yang terkadang mengeluarkan asap tebal, dan masih banyak lagi kerugian
yang diakibatkan adanya sepeda motor ini. Namun walau begitu kenyataannya
tingkat populasi sepeda motor di indonesia masih sangat tinggi. Data dari
Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) dan Asosiasi Industri
Sepeda Motor Indonesia (AISI) menunjukkan jumlah populasi kendaraan bermotor di
Indonesia hingga 2010 lalu mencapai 50.824.128 unit. Ini berarti jumlah
kendaraan di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir terus bertumbuh 10-15
persen.Disisi lain dari kendaraan bermotor ini juga muncul berbagai produk brand baru
dari beberapa produsen pabrik pembuat sepeda motor, sebut saja Honda yang
sekarang sudah mengeluarkan produk terbarunya dengan beberapa teknologi canggih
diantaranya
1.Programmed Fuel Injection
(PGM-FI)
Tegnologi PGM-FI dikendalikan secara
elektronik untuk memasok bahan bakar dan oksigen secara tepat sesuai kebutuhan
mesin di setiap keadaan. System injeksi ini mengandalkan peran berbagai
komponen sensor yang mengirimkan sinyal informasi ke pusat control mesin ECM
(Engine Control Module), yang kemudian memberikan sinyal perintah ke komponen
keluaran di dalam mesin untuk menghasilkan tenaga optimal secara efisien dengan
emisi yang ramah lingkungan.
2. Led Headlight
Tegnologi lampu LED Sangat hemat daya
namun menghasilkan sorot lampu lebih terang. Umur pakai jauh lebih lama,
Tingkat panas yang dihasilkan lebih rendah, Serta tingkat pencahayaannya yang
baik sehingga memiliki tingkat efisiensi yang sangat tinggi.
3. Combi Brake System
(CBS)
Tegnologi canggih yang membantu
menyeimbangkan pengereman roda belakang dan depan secara optimal, memungkinkan
kemudahan pengoperasian rem dengan menarik tuas rem kiri, rem depan, rem
belakang dapat berfungsi dengan tepat.
4. Enhanced Smart Power
(ESP)
Tegnologi mesin terbaru inovasi Honda
yang diterapkan secara global, melalui aplikasi teknologi mutakhir dan ACG
starter, dirancang sempurna untuk menghasilkan performa tinggi dengan efisiensi
bahan bakar yang lebih baik dan ramah lingkungan.
5. Idling Stop System
(ISS)
Fitur Premium kelas dunia untuk
efisiensi bahan bakar dan emisi gas buang yang lebih baik. Setelah berhenti
lebih dari 3 detik, dan mesin otomatis menyala kembali saat tuas gas diputar. Teknologi
ini membantu mencegah bahan bakar terbuang percuma. Lebih irit dan ramah
lingkungan. Performa mesin dan aki tetap optimal.
6. Answer Back System
Answer Back System adalah sistem yang
bekerja dengan menggunakan sinyal radio melalui remote. Saat remote ditekan
yang sudah terintegrasi dengan kunci, motor akan memberi tanda berupa suara yg
dihasilkan buzzer dan kedipan dari lampu sein depan - belakang sehingga
pengendara dapat segera mengetahui dimana posisi motornya disimpan. Dengan
fitur ini maka pengguna akan terbantu dalam mendeteksi keberadaan motor secara
otomatis.
Dari tegnologi Honda ini di harapkan
bisa mengurangi kekurangan yang ada pada sepeda motor yang sudah beredar
dipasaran, sekian share dari saya dan semoga bermanfaat.
0 Komentar untuk "TEGNOLOGI CANGGIH MOTOR "